Kenapa Genshin Impact Berat untuk Platform Mobile- Berikut Penjelasan Lengkapnya!_1

Genshin Impact Berat – Genshin Impact merupakan game populer besutan HoYoverse. Game ini sudah hadir dalam beberapa platform seperti PC, PlayStation, GeForce Now, dan mobile di Android serta iOS. Genshin Impact selalu menjadi perbincangan hangat gamer berkat dunianya yang ciamik serta desain karakter yang ber-style anime.

Salah satu yang menjadi concern banyak gamer adalah performa game yang begitu berat untuk platform mobile khususnya di Android. Padahal spesifikasi Genshin Impact PC tergolong ringan kenapa versi mobile punya citra berbeda. Sebenarnya apa alasan yang mendasari hal tersebut dan apakah ada jalan keluarnya?

Daftar isi

Alasan Kenapa Genshin Impact Berat Dimainkan di Mobile

Sekadar mengingkatkan, spesifikasi Genshin Impact Android sendiri ditujukan minimal untuk smartphone yang menggunakan chipset Snapdragon 845 ke atas dan Kirin 810 ke atas. RAM yang direkomendasikan juga minimal mencapai 4GB.

Berikut ini alasan kenapa Genshin Impact berat ketika dimainkan di platform mobile.

1. Visual Game Sekelas AAA

Soal visual Genshin Impact memang tidak salah satu yang terbaik untuk ranah game mobile. Walau tampilan grafis highest di mobile tetap tidak setara dengan versi PC, untuk ukuran game mobile memang sudah salah satu terbaik.

Semua ini sangat bergantung pada kemampuan komputasi grafis smartphone. Maka dari itu HoYoverse menetapkan chipset kelas flagship sebagai standar rekomendasi untuk bisa memainkan game ini dengan lancar.

Belum lagi masalah open world yang banyak memakan resource untuk merender. Otomatis power di perangkat mobile yang sudah di limitasi demi menjaga suhu akan membuat pengalaman bermain terasa berat dan patah-patah.

2. Optimalisasi yang Kurang Maksimal

Membuat sebuah game yang rilis multi platform dan berharap semua versi bisa berjalan dengan mulus bukan sebuah hal yang mudah. Terlebih jika developer memang mengincar game ini bisa berjalan di perangkat sebanyak mungkin tanpa mengorbankan graphic fidelity.

Ditambah masalah umum seperti versi Android yang beragam, spesifikasi chipset dan jumlah RAM yang bervariasi semakin membuat optimalisasi game lebih sulit dari perkiraan. Jadi jika device kalian sudah diatas spek yang diminta dan masih merasa berat, kemungkinan besar itu adalah masalah optimalisasi yang belum maksimal.

3. Masalah Pada Software Smartphone

Salah satu alasan mengapa kebanyakan pengguna smartphone Android menginginkan UI system yang clean atau setidaknya mendekati stock Android adalah pengalaman bermain game yang lebih smooth.

UI yang kaya akan fitur atau bloatware justru malah menjadikan pengalaman bermain game lebih berat. Resource yang seharusnya dialokasikan untuk mengangkat game malah dipakai untuk beberapa service yang jalan di balik layar. Otomatis, RAM dan kemampuan komputasi harus berbagi dengan aplikasi tersebut dan game pun menjadi tiap smooth untuk dimainkan.

4. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan di Background

Genshin Impact adalah game yang sangat boros soal penggunaan RAM. Mengapa tidak, gamenya saja open world dan punya size besar. Smartphone yang punya RAM mepet ditambah banyaknya aplikasi yang memakan RAM berjalan di background membuat game terasa berat. Solusinya gampang, tinggal keluarkan aplikasi tersebut secara manual atau restart smartphone agar kembali ke kondisi fresh.

5. Thermal Throttling

Istilah ini mungkin biasa kalian dengan di dunia PC. Namun belakangan ini istilah thermal throttling juga sudah sering disebut pada smartphone gaming atau yang menggunakan chipset flagship. Salah satu yang terbaru adalah Snapdragon 8 Gen 1 yang memang disinyalir lebih panas dan beresiko menurunkan performa ketika menggunakannya untuk bermain game berat.

SoC yang panas dipadukan dengan cooling yang tidak maksimal membuat penderitaan bermain game sekelas Genshin Impact terasa sangat tidak nyaman. Otomatis kalian harus melakukan riset terlebih dahulu jika ingin membeli smartphone untuk bermain Genshin.

Solusi Genshin Impact Berat di Platform Mobile

Ada beberapa solusi yang bisa diambil jika kalian mengalami performa game terasa berat. Mulai dari beberapa jawaban yang sudah jelas, hingga yang bisa kalian manfaatkan dan ada di smartphone.

1. Ganti Smartphone

Solusi ini sudah jelas harus kalian lakukan jika spek dibawah yang disarankan oleh HoYoverse namun ingin memainkan game dengan nyaman. Dari pada memaksa smartphone untuk bekerja diluar batasan, alangkah baiknya jika kalian mulai menabung dan membeli smartphone yang lebih ditujukan untuk gaming. Tidak perlu smartphone flagship, sekarang sudah banyak sekali merek yang mumpuni dengan harga yang lumayan terjangkau juga.

2. Gunakan Cooler Smartphone

Solusi ini berguna jika kalian merasa smartphone terasa panas ketika bermain Genshin Impact diatas waktu tertentu. Jika diawal kalian merasa performa baik-baik saja namun ketika mencapai beberapa menit setelahnya game sudah mulai berat dan muncul lag, masalah bisa saja terletak di panas berlebihan yang tidak mampu dihilangkan oleh pendingin dalam smartphone.

Kalian bisa mencari cooler smartphone yang kini sudah tersedia beberapa merek di marketplace kesayangan. Harganya pun sudah lumayan terjangkau dan bisa jadi solusi thermal throttling.

3. Hapus File Quest dan Voice Line

Solusi ini berlaku khusus untuk pengguna mobile setidaknya untuk saat ini. Bagi pengguna mobile, kalian bisa menghapus file quest yang sudah berlalu dan menghemat space penyimpanan.

Ukuran game file Genshin Impact memang besar dan mencapai belasan GB. Kalian juga bisa menghapus voice line bahasa yang kalian tidak perlu demi menghemat penyimpanan. Solusi ini berlaku jika kalian punya storage terbatas atau hampir penuh.

4. Turunkan Ekspektasi

Solusi ini berguna untuk kalian yang menggunakan smartphone mid range atau berada diambang batas spesifikasi minimum. Tentu dengan smartphone seperti itu tidak bisa berharap banyak dengan menggunakan settingan grafis mentok kanan. 

Maka dari itu turunkanlah ekspektasi kalian dan bermain di settingan yang lebih rendah. Matikan juga berbagai fitur seperti turunkan render resolution, visual effect, shadow quality, environmental detail.

Jadi, kenapa game Genshin Impact berat untuk platform Mobile karena game menghadirkan visual grafis sekelas game kualitas AAA, optimalisasi yang kurang maksimal, masalah pada software smartphone, terlalu banyak aplikasi berjalan di background, dan masalah Thermal Throttling. Semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan kalian seputar kenapa game Genshin Impact berat untuk mobile.

Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Genshin Impact atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author.

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Daihatsu1. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.